IFBC Banner

Cegah Penyebaran Corona, Mahasiswa Malaysia Dipulangkan

Selasa, 31 Maret 2020 – 11:31 WIB

Universita Brawijaya pulangkan mahasiswa Malaysia. (mamikos.com)

Universita Brawijaya pulangkan mahasiswa Malaysia. (mamikos.com)

MALANG, REQnews - Untuk menghambat penyebaran virus corona atau Covid19, Universitas Brawijaya (UB) Malang memulangkan 48 mahasiswa asal Malaysia dengan protokol kesehatan.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran (FK) UB, dr Eriko Prawestiningtyas dalam keterangan tertulisnya, mengatakan protokol kesehatan yang diikuti adalah bus pengantar mahasiswa itu ke bandara Juanda disemprot desinfektan.

"Kami juga menyediakan masker dan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan di dalam bus. Posisi duduk mereka juga berjarak satu dengan lainnya," kata Eriko, Selasa 31 Maret 2020.

Hal tersebut menurutnya merupakan permintaan Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia agar mahasiswa itu diantar menggunakan protokol tersebut.

Selama di Malaysia, menurut Eriko, mereka akan dipantau dosen pembimbing akademik untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka di masa datang.

Eriko seperti dilansir antara berharap dipulangkannya mahasiswa Malaysia ke negaranya bisa memutus rantai penyebaran Covid19 di Indonesia sekaligus mencegah bertambahnya jumlah warga yang terinfeksi virus corona.

Pemulangan itu dilakukan bertahap. Pertama dipulangkan 23 mahasiswa pada 29 Maret 2020, selanjutnya 17 mahasiswa dipulangkan pada Senin 30 Maret 2020. Sedangkan 8 orang sisanya masih menunggu tiket pesawat.

Sementara itu, Muhammad Amirul, salah satu mahasiswa FK UB yang berasal dari Malaysia mengaku senang dan bersedia kembali ke Malaysia karena permintaan orang tua.