KY Lantik 21 Pegawai Lewat Video Konferensi

Kamis, 02 April 2020 – 10:01 WIB

Gedung Komisi Yudisial (Foto:Istimewa)

Gedung Komisi Yudisial (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Komisi Yudisial melantik 21 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tahun 2018 untuk diangkat menjadi PNS dan 1 orang pejabat fungsional analisis anggaran melalui konferensi video untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pengambilan sumpah dan pelantikan ini dipimpin Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial (KY) Tubagus Rismunandar Ruhijat di Auditorium KY, Jakarta, Rabu, 1 April 2020.

Pengambilan sumpah kali ini tidak dilakukan secara langsung, melainkan dengan metode jarak jauh memanfaatkan konferensi video (video conference) melalui aplikasi Zoom.

Hal ini tidak terlepas dari kebijakan physical distancing dari pemerintah untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus Covid-19.

Mengikuti anjuran pemerintah untuk meminimalisir pertemuan karena pandemik Covid-19, hanya 4 orang dari 21 CPNS yang hadir secara langsung untuk diambil sumpahnya di Auditorium KY, sedangkan sisanya mengikuti dari kediaman masing-masing dengan sambungan konferensi video.

“Pelantikan kali ini berbeda karena dilakukan melalui aplikasi konferensi video. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan physical distancing dari pemerintah untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus Covid-19,” urai Kepala Biro Umum Supriatna dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu, 1 April 2020.

Menurut Supriatna, teknis pelaksanaan pelantikan untuk PNS tahun pengadaan 2018 dan pejabat fungsional yang terlaksana hari ini telah dikonsultasikan dengan Badan Kepegawain Negara (BKN) yang menyarankan agar dilakukan melalui metode jarak jauh.