IFBC Banner

Mau Berkarier di Dunia Hukum Internasional? Yuk Simak Tipsnya

Minggu, 20 Januari 2019 – 21:00 WIB

Ilustrasi Hukum Internasional

Ilustrasi Hukum Internasional

JAKARTA, REQnews- Halo pembaca setia REQnews, siapa yang tidak ingin berkarier di dunia internasional, apalagi untuk lulusan hukum tentunya pasti memiliki keinginan untuk dapat bergabung di peradilan internasional, contohnya adalah International Law Moot Court Competition (ICJ). ICJ sendiri berfungsi sebagai lembaga yudisial utama dari United Nations.


IFBC Banner


Tentu dibutuhkan kerja keras dan kesungguhan untuk mencapainya, karena tidak semua orang bisa berkarier di dunia internasional. Tapi tenang Kamu, REQNews akab kasih 4 tips agar kamu bisa berkarier di dunia internasioal. 

1. Tumbuhkan Minat 

Modal paling penting adalah minat ketertarikan terhdap bidang hukum Internasional. Ini sangat penting lho guys, coba ambil sebanyak-banyaknya mata kuliah hukum internasional. Membaca atau mendalami pelajaran tersebut bisa menumbuhkan minat kamu terhadap bidang hukum. Jangan takut mencoba hal baru ya guys, dengan kamu mencoba hal baru akan banyak pelajaran dan pengalaman yang akan kamu dapatkan. Dari situ kamu harus bisa mengembangkan potensimu dan menyalurkannya di dunia internasional. 

2. Tingkatkan Kemampuan berbahasa Asing

Tingkatkan kemampuan untuk berbahasa dan menulis teks hukum dalam bahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting untuk dapat bekerja di ICJ. Selain bahas Inggris, perlu ditingkatkan kemampuan berbahasa Prancis. Menurutnya, itu adalah modal tambahan. “ICJ memberikan nilai plus untuk kandidat yang memiliki kemampuan Bahasa Perancis karena Bahasa ini adalah Bahasa kedua dari ICJ. 

3. IPK yang Bagus 

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang bagus merupakan pertimbangan yang sangat penting dan prestasi Internasional. Apabila lulus S1 dengan nilai IPK yang biasa saja, maka harus dikejar dengan IPK yang bagus saat mengambil master. IPK tidak bisa dipungkiri menjadi konsiderasi penting untuk bekerja di ICJ menurut beberapa professor . Namun, jangan kecil hati jika seandainya IPK masih kurang memuaskan pada jenjang S1. Teruslah berusaha dan mencari referensi non akademi yang bisa membantu meningkatkan IPK kamu. 

4. Pastikan tempat sekolahmu bekerja sama dengan ICJ 

ketika ingin bekerja menjadi Clerk di ICJ, pastikan bersekolah di tempat yang bekerja sama dengan ICJ. Soalnya, ICJ hanya mengundang sekolah-sekolah tertentu untuk bergabung menjadi Clerk. Sayangnya, sampai saat ini belum ada satu sekolah pun di Indonesia yang bekerjasama dengan ICJ. 

Carilah sekolah yang memang memiliki kerjasama dengan ICJ Hal ini dikarenakan, sebagaimana yang saya jelaskan diatas, ICJ hanya mengundang sekolah-sekolah tertentu di dunia. Sayangnya saat ini belum ada sekolah di Indonesia yang mendapatkan undangan khusus untuk program ini. 

Nah, Kamu sekarang sudah tahu kan tipsnya agar kamu bisa berkarier di dunia internasional. Ada kutipan dari Malcolm X yakni “Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini”. semoga bermanfaat selamat berkarier. (Ran)