Aturan Mudik Sedan Buat 2 Orang, Motor 1 Orang, Gak Patuh Dipulangkan!

Selasa, 07 April 2020 – 01:03 WIB

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.(ntmcpolri.info)

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.(ntmcpolri.info)

JAKARTA, REQnews - Masih ada 15 persen pemudik yang diperkirakan nekat pulang kampung di tengah wabah virus corona tahun ini. Maka Korlantas Polri mengeluarkan panduan penggunaan kendaraan saat mudik, jika ada yang melanggar akan dicegah dan diminta pulang lagi.

"Pembatasan kendaraan diharapkan 50 persen dari kapasitas yang ada sebagai komitmen untuk jaga jarak. Karenanya, sedan hanya untuk dua orang, van cukup tiga orang yaitu bangku depan, tengah dan belakang. Sedangkan kendaraan roda dua hanya boleh membawa satu orang saja," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono, Senin 6 April 2020.

Istiono mengatakan langkah tersebut diambil untuk mencegah penyebaran virus Corona. Terlebih pemudik akan berpindah tempat dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Menurut Istiono, berdasarkan hasil penelitian, diperkirkan hanya 15 persen pemudik yang nekat pulang ke kampung halaman. Menurut dia, hal tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat sudah tinggi.

Meskipun relatif kecil namun hal yang paling penting adalah menjaga jarak, menggunakan masker. Itu yang harus dilakukan.

Istiono menegaskan pemudik yang tak menerapkan physical distancing dalam kendaraannya, akan diminta tidak melanjutkan perjalanan. Mereka akan dialihkan untuk putar balik.