Beredar Video Detik-detik KKB Papua Serbu Kuala Kencana

Rabu, 08 April 2020 – 09:33 WIB

Kantor Freeport Kuala Kencana yang diserang KKB Papua. (portonews.com)

Kantor Freeport Kuala Kencana yang diserang KKB Papua. (portonews.com)

JAKARTA, REQnews - Tanggal 30 Maret 2020 Kota Kuala Kencana di Timika diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) sehingga menewaskan satu karyawan Freeport Indonesia kebangsaan Selandia Baru. Kemarin beredar video detik-detik penyerangan yang kemungkinan besar direkam anggota kelompok itu dan disiarkan serta disebarkan akun YouTube Suara Papua.

Unggahan video itu baru Senin 6 April 2020 kemarin yang isinya memperlihatkan para anggota kelompok kriminal tersebut berjalan santai di tengah jalan kota Kuala Kencana yang lebar, teratur dan bersih.

Sementara si perekam video terdengar terengah-engah mengikuti serangan tersebut. Tanpa ada narasi hanya sebuah judul di tengah gambar video.

Di situ ditulis video amatir serang Kuala Kencana TPNB-OPM bertanggung jawab. Tulisan itu juga tidak menggambarkan rekaman tersebut diambil orang lain yang secara tidak sengaja berada di tempat itu.

Si perekam gambar tampak berjalan dekat dengan anggota KKB tanpa ditegur sedikit pun, apalagi dilarang.

Seperti rekaman itu memang sengaja dibagikan melalui akun YouTube dengan tujuan tertentu. Seharusnya aparat keamanan bisa memanfaatkan video itu untuk menciptakan rasa aman di Papua.