Ular Dalam 10 Karung yang Ditemukan di Jalan Diserahkan ke BKSDA

Kamis, 09 April 2020 – 05:01 WIB

Ular dalam 10 karung ditemukan di jalan (Foto:Istimewa)

Ular dalam 10 karung ditemukan di jalan (Foto:Istimewa)

 

SAMPIT, REQNews - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit memperoleh 30 ekor ular dari pihak kepolisian. Ular-ular ini ditemukan warga di Jalan Banitan Raya, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotim dalam 10 karung yang diletakan di jalan.

"Jumlah ular sanca kembang yang diamankan aparat kepolisian dan diserahkan kepada kami yakni 30 ekor," ujar Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit Muriansyah, Rabu, 8 April 2020.

Saat ini ular tersebut diamankan di kantor BKSD. Ular itu akan dibawa ke Pangkalan Bun untuk dilepasliarkan di Suaka Margasatwa Lamandau.

Awanya, pihak BKSDA hendak melepas liarkan di hutan, namun dikhawatirkan ditangkap warga kembali.

Mereka juga tidak melepasliarkan di Sampit, karena dikhawatirkan menyerang warga. Apalagi ular tersebut juga bisa masuk ke kawasan pemukiman untuk mencari mangsa seperti ternak warga.

Sebelumnya seorang warga bernama Ma’ruf (42) hendak memindahkan karung-karung yang menghalangi jalan ketika dia hendak pulang, saat mengangkat dia curiga karena ada yang bergerak, ketika dibuka tarnyata isinya ular, setelah menutupnya kembali. Diapun melaporkan temuannya itu pada pihak kepolisian.