Asyik, DKI Jakarta Putihkan Denda Pajak Kendaraan

Kamis, 09 April 2020 – 01:08 WIB

Ilustrasi jalanan Jakarta (Foto:Istimewa)

Ilustrasi jalanan Jakarta (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Pandemi virus Corona atau COVID-19 membuat sejumlah wilayah di Indonesia memutihkan atau menerapkan penghapusan denda untuk pajak kendaraan termasuk DKI Jakarta

"Penghapusan denda pajak daerah, berdasarkan SK BNPB Gawat darurat. Artinya DKI Jakarta sudah menerapkan penghapusan denda pajak kendaraan, tapi untuk payung hukumnya masih tahap proses. Dan ini (pemutihan denda pajak kendaraan-Red) sudah berlaku mulai Senin (6 April 2020) kemarin," kata Humas BPRD DKI Jakarta, Dwi Wahyu Rahardjo, Rabu, 8 April 2020.

Sehingga dihimbau agar masyarakat bisa melakukan pembayaran pajak secara online, agar bisa menekan penyebaran virus Corona dan masyarakat bisa lebih nyaman dan mudah. Bukti pembayaran STNK akan diantar langsung ke rumah wajib pajak.

Sementara itu, Pemda Jawa Barat seperti Bekasi, Depok, Cikarang, Cinere, serta wilayah administrasi Banten Tangerang, seperti Cikokol, Serpong, Cileduk, Ciputat. Sudah menerapkan pemutihan denda pajak, selama masa pandemi virus Corona.

Untuk Jawa Barat, dipastikan sampai 30 April 2020 akan ada penghapusan denda pajak. Sebelumnya dispensasi ini diberlakukan mulai 2 Maret-20 April 2020. Sedangkan untuk daerah administratif Banten, penghapusan denda PKB jatuh tempo 1 April-31 Agustus 2020.