Mantap! Sekarang Urus Sertifikat Tanah Bisa Lewat Aplikasi TTM BPN

Selasa, 14 April 2020 – 07:33 WIB

Mantap! Sekarang Urus Sertifikat Tanah Bisa Lewat Aplikasi TTM BPN / Ilustrasi (Foto istimewa)

Mantap! Sekarang Urus Sertifikat Tanah Bisa Lewat Aplikasi TTM BPN / Ilustrasi (Foto istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kamu gak bisa urus sertifikat tanah karena tak berani keluar dan takut corona? Tenang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah meluncurkan aplikasi Layanan Tatap Muka (TTM) di Samarinda, Jumat 9 April 2020 lalu.

Layanan TTM ini, menurut Kepala Kanwil BPN Kalimantan Timur, Asnaedi, diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan pertanahan, salah satunya pengurusan sertifikat.

Dengan aplikasi TTM karya BPN ini, masyarakat tetap bisa memanfaatkan layanan pertanahan pertanahan dari rumah saja. Nanti baru diizinkan ke kantor jika benar-benar diperlukan.

Selain itu, layanan TTM memiliki beberapa keuntungan lain yang diterima seperti, masyarakat tak perlu melakukan antrean panjang dan bolak-balik mengurus berkas ke kantor pertanahan.

Asnaedi berkata, masyarakat tidak lagi perlu mengantre panjang dalam urusan pertanahan, sehingga terhindar dari ancaman Covid-19.

Ia percaya, dengan aplikasi TTM ini, masyrakat tak perlu mengambil kode billing dan blanko ke kantor pertahanan atau kantah. Nanti, jika urusannya untuk mengantar berkas, maka wajib ke kantor pertnahan.

 

 

"Aplikasi ini sudah dipakai di Kantah Kota Samarinda, dan diharapkan bisa dipakai di kantah-kantah lainnya," ujar Asnaedi, Minggu 12 April 2020.