Covid-19 Bisa Ciptakan Kerusuhan Seperti 1998? Ini Kata Istana

Minggu, 19 April 2020 – 13:02 WIB

Covid-19 Bisa Ciptakan Kerusuhan Seperti 1998? Ini Kata Istana

Covid-19 Bisa Ciptakan Kerusuhan Seperti 1998? Ini Kata Istana

JAKARTA, REQnews - Pandemi Covid-19 diisukan bisa berpotensi menciptakan kerusuhan layaknya yang terjadi pada 1998, saat Indonesia dilanda krisis hebat yang mengguncang perekonomian hingga babak belur.

Namun, Istana membantah isu tersebut. Plt Deputi III Kantor Staf Presiden (KSP) Panutan Sulendrakusuma meminta masyarakat tak khawatir dengan sistem keamanan nasional, meski negara sedang dilanda pandemi. Ia menjamin semuanya tetap terjaga aman.

"Pasti terjaga, karena institusi keamanan kita terus memantau perkembangan situasi dan penerapan PSBB menyebabkan mereka seluruh aparat keamanan memang tergelar di lapangan," kata Panutan di Jakarta, Sabtu 18 April 2020, seperti dikutip dari detikcom.

Ia menegaskan, masalah ekonomi saat ini jauh berbeda kondisinya dengan tahun 1998, yang lebih banyak disebabkan karena menjamurnya KKN. Namun, saat ini ekonomi goyah karena dihantam virus.

"Sehingga kecil kemungkinan krisis kesehatan berujung kerusuhan 98," ujarnya.

Sebelumnya, isu Covid-19 dapat memicu kerusuhan seperti tahun 1998 diutarakan CEO Royal Argo Indonesia, Final Prajnanta. Ia berkata, kondisi Indonesia saat ini tengah goyah, sehingga bisa dimanfaatkan kelompok tertentu untuk membuat kerusuhan.

"Karena potensi adanya pihak yang menjadi tunggangan dengan adanya krisis ini. Kita belajar dari 1998 yang lalu, itu bisa saja terjadi," kata Final, Jumat 17 April 2020.