Desmond J Mahesa: Perppu Corona Harus Dibatalkan

Senin, 20 April 2020 – 21:32 WIB

 Desmond J Mahesa (Foto:Istimewa)

Desmond J Mahesa (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Desmond J Mahesa, mengkritik Perppu No.1/2020 untuk menangani pandemi COVID-19 di Indonesia. Menurutnya Perppu itu berpotensi mengintervensi tugas dan fungsi sejumlah instansi maupun lembaga.

“DPR melihat ini sangatlah tidak rasional, karena menghilangkan banyak institusi lain,” kata Desmond di Jakarta, Senin, 20 April 2020.

Desmond mencontohkan dalam Perppu tersebut menghilangkan independen Bank Indonesia yang diintervensi, KPK yang independen juga diintervensi, DPR dalam APBN juga diintervensi.

Sejauh ini DPR belum menyetujui pembahasan Perppu Corona itu. Meski begitu, DPR menyikapi keberadaan produk hukum, sebab sudah ada elemen masyarakat yang mengajukan uji materi atau judicial review Perppu itu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Perppu ini memang banyak menabrak. Maka, Perppu ini harus disikapi DPR,” kata Desmond.

Ia mengapresiasi langkah sejumlah tokoh masyarakat yang mengajukan uji materi ke MK. Menurut dia, Perppu itu tidak bisa dijadikan payung hukum dalam menangani pandemi Covid-19 di Tanah Air.

“Kalau Perppu ini tidak dibatalkan, seandainya disetujui oleh DPR dan MK menganggap ini tidak ada pelanggaran, maka yang busuk itu kan MK juga,” kata Desmond.

Kehadiran Perppu itu harus menjadi peringatan baik bagi pemerintah maupun DPR. Ini agar tidak menambah kegaduhan, baik di ranah hukum maupun ranah politik.