Jokowi Larang Mudik, Akses Keluar Jabodetabek Ditutup

Selasa, 21 April 2020 – 16:32 WIB

Ilustrasi dilarang mudik (Foto:Istimewa)

Ilustrasi dilarang mudik (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melarang mudik lebaran untuk menghindari penyebaran virus Corona atau COVID-19. Keputusan Jokowi mengenai larangan mudik Lebaran ini disampaikan saat membuka rapat terbatas, Selasa, 21 April 2020.

"Pada rapat hari ini, saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan pada kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 21 April 2020.

Untuk menerapkan kebijakan tersebut, Jokowi meminta jajarannya menyiapkan semua hal berkaitan dengan keputusannya itu.

Baca juga: Astaga! Pemerintah Kecolongan, 900 Ribu Orang Sudah Mudik

Skenario awal soal larangan mudik ini sudah dikaji oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), termasuk pelarangan keluar-masuk kawasan yang memiliki status pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi dalam telekonferensi bertajuk 'Siapa Mudik di Tengah Pandemi?', Senin, 20 April 2020.

Budi mengatakan aturan mengenai pelarangan mudik demi mencegah penyebaran virus Corona ini tengah dikaji. Salah satu yang menjadi bahasan dalam draf regulasi pelarangan mudik itu adalah kendaraan umum dan pribadi yang dilarang keluar-masuk kawasan Jabodetabek.

"Kita sudah siapkan skemanya, prosedur protokol untuk kendaraan angkutan umum berarti nggak boleh keluar (dari wilayah). Kendaraan pribadi juga sama, nggak boleh keluar. Sepeda motor juga nggak boleh keluar," kata Budi.