Brigjen Ahmad Lutfi, Perwira Non Akpol yang Jabat Kapolda Jateng

Senin, 04 Mei 2020 – 07:32 WIB

Brigjen Ahmad Lutfi, perwira non Akpol yang jabat Kapolda Jateng

Brigjen Ahmad Lutfi, perwira non Akpol yang jabat Kapolda Jateng

JAKARTA, REQnews - Nama Brigjen Pol Drs Ahmad Lutfi menjadi perbincangan publik baru-baru ini. Pasalnya, Lutfi menjadi perwira tinggi non Akpol yang memimpin Polda Jawa Tengah.

Diketahui, Polri menggelar mutasi besar-besaran pada 1 Mei 2020 melalui surat telegram nomor ST/1377/V/KEP./2020. 

Lutfi dengan NRP 66110432 yang sebelumnya, menjabat sebagai Wakapolda Jawa Tengah, dipromosikan menjadi Kapolda Jawa Tengah menggantikan Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang dipromosi menjadi Kabaintelkam Polri.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane pun mengatakan promosi jabatan Lutfi ini menjadi mutasi paling fenomenal di institusi Polri. Hal ini, sambung Neta, membuktikan figur non-Akpol dapat menduduki jabatan strategis.

"Dari mutasi besar kali ini yang paling fenomenal dalam penilaian IPW, adalah naiknya Wakapolda Jateng menjadi Kapolda. Sekaligus hal ini menandai untuk pertama kalinya figur non-Akpol tampil menjadi Kapolda Jateng," kata Neta di Jakarta, Minggu 3 Mei 2020.

Diketahui, perjalanan karir Ahmad Luthfi sebagai perwira menengah berawal dari saat ia resmi menjabat Kapolresta Solo pada 5 Februari 2015

Kala itu Lutfi menggantikan Kombes Pol Iriansyah yang akan bertugas sebagai Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulawesi Utara.

Lalu, pada 14 maret 2017 Lutfi dimutasi bersama tujuh kapolres lainnya. Berikutnya pada 21 maret 2018,Lutfi dilantik menjadi Wakapolda Jateng oleh Kapolda Irjen Pol Condro Kirono di Gedung Borobudur, kompleks Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan Semarang.

Lutfi menggantikan Brigjen Pol Indrajit yang telah mendapatkan amanat dan tugas sebagai Kapolda Kalimantan Utara. Ia pun naik pangkat bintang satu menjadi Brigjen.

Kini bintangnya akan segera bertambah lagi setelah menjabat Kapolda Jateng.