Rizal, Korban Bullying Firdaus Cs Diundang Gubernur Nurdin Abdullah

Selasa, 19 Mei 2020 – 12:01 WIB

Rizal, Korban Bullying Firdaus Cs Diundang Gubernur Nurdin Abdullah

Rizal, Korban Bullying Firdaus Cs Diundang Gubernur Nurdin Abdullah

JAKARTA, REQnews - Pelbagai simpati didapatkan Rizal, bocah penjual jalangkote atau makanan ringan khas Sulawesi Selatan yang menjadi korban bullying. Contoh saja Prabowo Subianto hingga Raffi Ahmad, tak terkecuali Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

Nurdin sengaja mengundang Rizal datang ke rumah dinasnya pada Selasa 19 Mei 2020. Informasi itu didapat dari unggahan instagram stories sang gubernur.

Dalam unggahannya dia menyertakan dua video. "Mengundang khusus adik Rizal, korban perundungan di Pangkep (Pankajene Kepualuan)," keterangan video pertama.

Video itu juga menampilkan Rizal tampak mengenakkan kaos hitam dan celana pendek bermotif garis-garis. Rizal juga tampak mengenakan masker sambil berjalan sambil memegang sebuah buku tabungan.

Di belakangnya diikuti Nurdin mengenakkan kemeja batik berwarna perpaduan biru. Disebutkan juga Rizal mendapat hadiah motor dari Nurdin.

Nama Rizal viral usai tiga videonya yang diledek dan dibully, bahkan didorong hingga jatuh ke tanah. Perlakuan itu ia terima dari sekelompok remaja setempat.

Tak lama setelah videonya viral, para pelaku itu langsung ditangkap polisi. "Tidak butuh waktu lama kita berhasil mengamankan pelaku perundungan, dia adalah Firdaus, sementara korbannya adalah RZ (12)," kata Kasat Reskrim Polres Pangkep, AKP Anita Taherong.

Delapan remaja pelaku perundungan itu kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka dijerat dengan UU Perlindungan Anak. Pelaku utama bernama Firdaus (26) dijerat dengan Pasal 80 Junto Pasal 351 KUHP UU Perlindungan Anak. Sedangkan tujuh pelaku lainnya yang berperan sebagai perekam dan pengunggah video dijerat dengan Pasal 76 Huruf C UU Perlindungan Anak.