Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

MK Tolak Permohonan Robert Tantular Terkait Kasus Century

Senin, 15 April 2019 – 19:00 WIB

Robert Tantular (foto:istimewa)

Robert Tantular (foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Mahkamah Konstitusi menolak permohonan Robert Tantular terpidana kasus Century yang menguji Pasal 272 KUHAP dan Pasal 63, Pasal 64, dan Pasal 65 KUHP. 

"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," bunyi amar putusan Mahkamah Konsitusi yang diputus dalam Sidang Pleno Mahkamah Konstitusi terbuka untuk umum, Senin(15/4/2019). 

Sebelumnya Robert selaku pemohon merasa dirugikan atas pemberlakuan pasal tersebut. Di antaranya dirinya harus menjalani empat kali persidangan di Pengadilan Negeri dan mendapatkan empat putusan pengadilan yang berbeda, dan kesemua hukumannya diakumulasikan. 

Sementara itu, mahkamah menilai seluruh pasal yang diujikan oleh Robert tidak memiliki persoalan konstitusionalitas norma terhadap UUD 1945, sehingga dalil tersebut dianggap tidak beralasan menurut hukum. 

Putusan ini diambil oleh sembilan Hakim Konstitusi yaitu Anwar Usman, selaku Ketua merangkap Anggota, Aswanto, Arief Hidayat, Suhartoyo, Manahan M.P. Sitompul, I Dewa Gede Palguna, Wahiduddin Adams, Saldi Isra, dan Enny Nurbaningsih, masing-masing sebagai Anggota.(nls)