Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Mengapa Ahmad Dhani Ajukan Permohonan Penangguhan Penahanan?

Selasa, 16 April 2019 – 08:00 WIB

Ahmad Dhani. (FOTO: istimewa)

Ahmad Dhani. (FOTO: istimewa)

JAKARTA, REQNews - Penjamin penangguhan penahanan terdakwa ujaran kebencian Ahmad Dhani adalah Prabowo Subianto. Hal ini tercantum dalam surat permohonan yang diajukan tim penasihat hukum Ahmad Dhani kepada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (15/4/2019).

Pihak Ahmad Dhani memiliki sejumlah pertimbangan atas pengajuan penangguhan penahanan tersebut. 

Dalam pengajuan ini, pertimbangan yang digunakan adalah status Dhani sebagai tulang punggung keluarga. Selain itu, selama proses penyidikan dan pengadilan, Dhani berkelakuan baik. Alasan berikutnya adalah pihak Ahmad Dhani tidak melihat adanya alasan signifikan untuk penahanan dari tingkat pengadilan negeri, pengadilan tinggi dan Mahkamah Agung. 

"Jadi, karena tidak ada keadaan yang signifikan, kecuali ada indikasi ingin melarikan diri, ada indikasi untuk mengulangi perbuatan. Nah, itu bisa masuk dalam pertimbangan hukum. Sehingga, dikhawatirkan melarikan diri, mengulangi perbuatannya kan, menghilangkan barang bukti, sehingga dilakukan penahanan," ujar Hendarsam Marantoko selaku pengacara Ahmad Dhani. 

Hendarsam juga menjelaskan, saat ini Ahmad Dhani sedang maju dalam Pemilu 2019 ini sebagai calon legislatif. Penahanan ini dianggap merugikan kliennya.

Selain itu, Hendarsam juga mengakui bahwa Prabowo sendiri yang berinisiatif sebagai penjamin Ahmad Dhani karena calon presiden ini merasa Dhani sebagai korban dalam kasus ini.

"Dalam kasus politik, Ahmad Dhani adalah seorang pahlawan bagi sebagian rakyat seperti itu, sehingga Pak Prabowo, apa namanya itu mengajukan diri untuk meminta menjaminkan dirinya melakukan penangguhan penahanan," kata Hendarsam. (Prazz)