Tekan Penyebaran Corona, Otoritas Moneter Karantina Uang 20 Hari

Jumat, 22 Mei 2020 – 15:05 WIB

uang Arab Saudi dikarantina (Foto:Istimewa)

uang Arab Saudi dikarantina (Foto:Istimewa)

RIYADH, REQNews - Arab Saudi akan mengkarantina uang kertas dan koin logam dalam jangka waktu 14 hingga 20 hari. Tindakan itu diambil guna menekan penyebaran virus corona atau COVID-19.

Mengutip Al Arabiya, Jumat, 22 Mei 2020 uang yang dikarantina merupakan yang di dalam negeri atau dari luar negeri.

Otoritas Moneter Arab Saudi atau SAMA mengungkapkan langkah karantina untuk menekan penyebaran virus corona yang menyebabkan COVID-19.

"Kami telah mengambil tindakan pencegahan untuk mengisolasi dan mensterilkan mata uang kertas dan logam, baik yang datang dari dalam atau luar Kerajaan, dengan mengisolasi selama 14 hari hingga 20 hari, tergantung dari mana asalnya," kata SAMA dalam sebuah video.

SAMA mengatakan bahwa mata uang akan ditempatkan di tempat khusus untuk lebih mudah menyortir semua uang kertas agar memastikan kualitas dan kebersihannya.

Otoritas moneter Saudi menekankan bahwa uang kertas yang kotor dan tidak layak akan segera dihancurkan.

SAMA mengatakan pihaknya telah mengarahkan lembaga keuangan untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk memastikan mata uang itu bersih.

Arab Saudi melaporkan peningkatan terus 2.532 kasus virus corona baru dan 12 kematian baru, sehingga jumlah total kasus di Saudi menjadi 65.077 dan jumlah kematian akibat Covid-19 menjadi 351.1x3: