Jamaah Al Muhdlor Sudah Salat Id Jumat Ini

Jumat, 22 Mei 2020 – 16:33 WIB

Ilustrasi salat id Jamaah Al Muhdlor Tulungagung

Ilustrasi salat id Jamaah Al Muhdlor Tulungagung

TULUNGAGUNG, REQnews - Belum ada ketetapan dari pemerintah, Jamaah Al Muhdlor yang berpusat di Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur, sudah menggelar Salat Idul Fitri 1441 Hijriah, Jumat 22 Mei 2020.

Shalat Id digelar di Masjid Nur Muhammad di Desa Wates dan menjadi pusat dakwah Al Muhdlor Indonesia. Salat itu diikuti hanya sekitar 40 orang anggota Al Muhdlor.

Namun, mereka yang datang tidak hanya berasal dari Desa Wates dan sekitarnya, tetapi juga dari luar daerah.

Jamaah Al Muhdlor sebelumnya melaksanakan ibadah Ramadan, dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah.

Para pengikut ajaran Habib Sayyid Ahmad Bin Salim Al Muhdhor itu merayakan Idul Fitri dengan menggelar kenduri usai Salat Id.

Shalat Id diimami langsung oleh Habib Hamid Bin Ahmad Al Muhdhor, pengasuh pondok pesantren yang juga putra almarhum Habib Sayyid Ahmad bin Salim Al Muhdhor dan mengklaim memiliki garis keturunan langsung dengan Nabi Muhammad SAW.

Seperti dilansir antara, Habib Hamid, awal ramadan dan Salat Id mereka lakukan lebih awal bukan diputuskan secara sembarangan

"Sudah ada hitung-hitungannya berdasar petunjuk ahli Falaq. Keyakinan ini juga sudah diikuti jamaah Al Muhdhor sejak lama, sejak masa Habib Sayyid Ahmad bin Salim Al Muhdhor masih hidup," kata Habib Hamid.

Namun, ia menegaskan bahwa dirinya dan para jamaah yang menggelar Shalat Id awal tak berkenan diliput media.

Habib Hamid mengatakan penganut ajaran Al Muhdhor tidak hanya ada di Tulungagung dan sekitarnya. Tetapi juga tersebar di sejumlah daerah di Indonesia dan berjejaring hingga di Mesir, Timur Tengah.