Setelah KPK, Kejagung Tancap Gas Sidik Kasus Imam Nahrawi! Ada Apa?

Jumat, 22 Mei 2020 – 22:33 WIB

Setelah KPK kasus yang libatkan Imam Nahrawi disidik Kejagung

Setelah KPK kasus yang libatkan Imam Nahrawi disidik Kejagung

JAKARTA, REQnews - Kejaksaan Agung kini menangani kasus suap mantan Menpora Imam Nahrawi, namun Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan kasusnya berbeda dengan yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kejagung akan menyidik dugaan korupsi bantuan dana pemerintah pada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Dalam penyidikan kasus dugaan korupsi bantuan dana Pemerintah kepada KONI Pusat pada Kemenpora Tahun Anggaran 2017, jaksa penyidik telah memeriksa 51 saksi dan dua ahli serta telah menyita 253 dokumen dan surat.

Selain itu sejak 16 September 2019, Kejagung telah meminta bantuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk menghitung kerugian keuangan negara dalam kasus itu.

Pada 8 Mei 2020, BPK sudah bersurat kepada Kejagung yang isinya permintaan agar melengkapi penyidikan itu dengan memeriksa kembali beberapa saksi. Penyidik kemudian memeriksa para saksi pada 19 dan 20 Mei 2020.

Penyidik juga memeriksa satu saksi yaitu Miftahul Ulum, bekas asisten pribadi mantan Menpora Imam Nahrawi.

Pemeriksaan terhadap Miftahul Ulum untuk mendapatkan alat bukti guna membuktikan perkara dugaan tipikor penyalahgunaan bantuan dana pemerintah kepada KONI Pusat pada Kemenpora RI TA 2017.