Kasus Perkelahian Habib Umar Assegaf dan Petugas PSBB Berakhir Damai

Sabtu, 23 Mei 2020 – 02:06 WIB

Habib Umar Assegaf (Foto:Istimewa)

Habib Umar Assegaf (Foto:Istimewa)

JATIM, REQNews – Kasus pertikaian yang melibatkan Habib Umar Assegaf dan seorang petugas PSBB yang diketahui merupakan anggota Satpol PP Surabaya, berakhir dengan damai.

Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan bahwa kedua belah pihak yang bertikai telah menjalin komunikasi, dan sepakat menahan diri.

“Kedua belah pihak sudah menjalin komunikasi, masing masing masing menahan diri dengan adanya kesalahpahaman ini,” kata Truno, Jumat, 22 Mei 2020.

Diketahui, insiden perkelahian antara Habib Umar Assegaf dan petugas Satpol PP tersebut terjadi di pos pemeriksaan (checkpoint) Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di pintu keluar tol Satelit, Kota Surabaya, pada Rabu 20 Mei 2020, kemarin.

Video yang memperlihatkan aksi adu jotos keduanya sempat viral dan membuat heboh publik Tanah Air.

Trunoyudo menyampaikan, baik Habib Umar maupun sang petugas Satpol PP itu telah saling memaafkan tanpa syarat.

Hal itu, kata Trunoyudo, tak lain untuk menjaga kondusifitas dan keselamatan masyarakat dari hal-hal yang tak diinginkan.

“Kedua belah pihak sudah menyatakan untuk saling memaafkan ya, harapan juga tanpa syarat. Artinya semua yang terjadi ini tujuannya kan kita untuk menyelamatkan masyarakat juga dan juga keluarganya,” ujarnya.

Adapun jalan damai tersebut disepakati oleh kedua belah pihak setelah dimediasi oleh kepolisian di daerah masing-masing.