Corona Tersenyum, 800 Masjid di Bekasi Gelar Salat Id Berjemaah

Sabtu, 23 Mei 2020 – 10:01 WIB

Ilustrasi salat Idul Fitri

Ilustrasi salat Idul Fitri

JAKARTA, REQnews - Pemkot Bekasi mendata, setidaknya ada sekitar 800 masjid di daerah setempat yang berencana menggelar salat Idul Fitri berjemaah pada Minggu 24 Mei 2020 besok, di tengah pandemi Covid-19.

Wali Kota Bekasi Tri Adhianto berkata, lokasi ratusan masjid itu tersebar di 41 kelurahan yang ada di zona hijau di Bekasi. Pemda setempat mengingatkan, agar jemaah memperhatikan protokol kesehatan, meski tidak berada di zona merah.

Tri juga memastikan akan menurunkan sejumlah petugas yang akan berjaga serta melakukan pengambilan sampling kepada jemaah di masjid-masjid tersebut.

"Sebelum pelaksanaan kami akan mengetes sampling calon jemaah, meskipun sekarang sudah dinyatakan zona hijau," ujar Tri, Jumat 22 Mei 2020.

Sementara untuk wilayah yang masuk zona merah, Tri tegas melarang untuk dilaksanakannya salat Idul Fitri berjemaah. Bahkan, warga yang berada di zona berbahaya juga tidak boleh ikut salat di masjid zona hijau.

"Paling utama, setelah salat id langsung pulang, tidak ada salaman atau halal bihalal," kata Tri.

Ia menjelaskan, Pemkot Bekasi tetap mengizinkan pelaksanaan salat Id di zona hijau bukan berarti menentang larangan dari pemerintah pusat maupun Gubernur Jawa Barat. Ia mengatakan, ada indikator pemerintah bersama dengan unsur terkait bersepakat melonggarkan aktivitas peribadatan.

"Tentunya berdasarkan data faktual sekarang tingkat kasus dan rentan penularannya. Kami juga sudah memberikan klarifikasi kepada Gubernur Jawa Barat terkait label level 4 atau zona merah. Dan itu sudah dipahami," ujarnya.

Berdasarkan data terkini, total jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Bekasi mencapai 288, 235 diantaranya dinyatakan sembuh atau sudah negatif. Kemudian yang masih dirawat sebanyak 22, sedangkan 31 meninggal dunia.