Begini Kronologis Kapolda Jatim Usir Kapolsek Gubeng saat Rapat

Sabtu, 23 Mei 2020 – 04:01 WIB

Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran

Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran

JAKARTA, REQnews - Kapolda Jawa Timur Irjen Muhammad Fadil Imran menjadi sorotan setelah mengusir Kapolsek Gubeng Kompol Naufil Hartono secara tegas dari ruang rapat koordinasi Jumat 22 Mei 2020.

Rapat tersebut digelar untuk pembentukan kampung tangguh penanganan Covid-19 yang diinisiasi Pemerintah Kota Surabaya.

Awalnya, Kapolda yang saat itu tengah berbicara, melihat Kompol Naufil tengah mengantuk saat pembicaraan sedang dalam tahap serius.

"Kapolsek jangan tidur, kamu keluar saja," kata Irjen Fadil Imran di tengah rapat.

"Saya minta serius, kapolsek jangan main-main," ujarnya kepada Kompol Naufil.

Kemudian, penuh amarah, Irjen Fadil langsung meminta Kepala Biro SDM Polda Jatim agar mencopot Kapolsek Gubeng tersebut dari posisinya. Kemudian, kapolda juga menyuruh Naufil segera menghadap ke Kabid Propam Polda Jatim terkait kode etik kepolsian.

Setelah mendapat teguran keras dari kapolda, Kompol Naufil langsung bergegas keluar ruangan. Setelah itu, Irjen Fadil menegaskan kembali kepada para kapolsek yang berada di ruangan tersebut agar serius dalam penanganan Covid-19.

Rapat koordinasi pembentukan kampung tangguh itu dihadiri Pangdam V/Brawijaya Mayjen Widodo Iryansyah dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, juga diikuti oleh seluruh kapolsek, danramil, dan camat di seluruh Surabaya.