Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Menkominfo Bantah Isu Eksodus Warga Ke Luar Negeri Jelang 17 April 2019

Selasa, 16 April 2019 – 21:30 WIB

(foto:kominfo.go.id)

(foto:kominfo.go.id)

JAKARTA, REQNews - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membantah kabar banyaknya warga negara Indonesia yang akan berlibur ke luar negeri menjelang Pemilu. 

Ia mengimbau masyarakat tidak terpengaruh atas isu tersebut. Menurut Rudiantara, selama satu pekan terakhir, catatan reservasi penerbangan khususnya ke luar negeri justru normal. 

“Berdasarkan catatan, reservasi penerbangan itu normal, harga penerbangan juga normal (tidak berubah) selama minggu ini,” kata Menteri Rudiantara usai Rapat Koordinasi Kesiapan Akhir Pengamanan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pileg dan Pilpres 2019 di Jakarta, seperti diberitakan kominfo.go.id, Senin (15/04/2019). 

Selain reservasi penerbangan yang terbilang normal seperti biasanya, hal yang sama juga dapat dilihat pada reservasi hotel. Sebab kata Menteri Rudiantara, kurang lebih yang ke luar negeri sekitar 70 ribu, serta 74 ribu masuk ke dalam negeri. 

“Kita di Indonesia kan wisatawannya banyak, jadi ada plusnya kan. Itu semua berjalan normal. Tidak ada lonjakan atau eksodus, ” ucap Menteri Rudiantara. 

Menteri Kominfo menambahkan bahwa secara grafik penerbangan mingguan ke luar negeri, maupun yang datang ke dalam negeri berjalan stabil. Artinya, tidak ada lonjakan angka-angka yang mengisyaratkan sebelum Pemilu ada eksodus. 

Sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto menegaskan informasi terkait para pemilih yang ketakutan akan adanya ancaman kerusuhan, keos yang membuat rasa takut sehingga ke luar negeri adalah tidak benar. 

“Ternyata setelah kita teliti dengan semua usaha-usaha kita, penjelasan yang akurat kepada publik dari berbagai instansi, maka eksodus ke luar negeri tidak terjadi,” kata Wiranto di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta. 

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, banyak masyarakat Indonesia yang justru sangat antusias untuk memberikan hak suaranya pada pemilu kali ini.  (nls)