Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Anda Harus Tahu Fakta Penting Katedral Notre Dame yang Kebakaran

Selasa, 16 April 2019 – 16:30 WIB

Foto : GEOFFROY VAN DER HASSELT via Getty Images /www.huffpost.com

Foto : GEOFFROY VAN DER HASSELT via Getty Images /www.huffpost.com

JAKARTA, REQnews - Dunia sedih dan prihatin dengan peristiwa kebakaran Gereja Katedral Notre Dame, Paris, Perancis pada Senin (15/4/2019) waktu Paris dan Selasa (16/4/2019) dini hari WIB. Kebakaran di menara gereja tersebut datang tiba-tiba namun karena kesigapan para petugas pemadam kebakaran, api dapat diatasi sehingga kebakaran tidak meluas.

Juru bicara Gereja Katedral Notre Dame, Andre Finot, mengatakan, kepulan asap terlihat dari kejauhan dan puncak menara Katedral.Tiba-tiba muncul begitu saja. Hingga berita ini diturunkan, kepolisian Kota Paris masih menyelidiki penyeban kebakaran.

“Notre-Dame terbakar. Emosi yang hebat untuk seluruh bangsa. Pikiran kita tertuju kepada semua orang Katolik dan orang-orang Prancis. Seperti yang dirasakan semua warga negara saya, saya juga turut bersedih atas kejadian ini,” demikian komentar Presiden Perancis, Emmanuel Macron melalui akun twitter @EmmanuelMacron.

Berbagai tokoh dunia seperti Pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus, PM Inggris Theresia May, Kanselir Jerman Angela Markel dan pemimpin dunia lainnya memberikan pernyataan simpatik. Pesohor seperti artis, aktor dunia juga memberikan komentar melalui media sosialnya. Pesepakbola seperti Christiano Ronalndo, Leo Messi, Kylian Mbappe juga turut menyatakan kesedihannya.


Mengapa peristiwa kebakaran ini menjadi trending topik dunia? Mari kita simak sejumlah fakta berikut ini :

PERTAMA, Nama katedral Notre-Dame de Paris artinya "Bunda Kami dari Paris."

KEDUA, Katedral Katolik abad pertengahan yang terletak di Île de la Cité di arondisemen keempat Paris, Prancis.

KETIGA, Katedral ini dipandang sebagai salah satu contoh terbaik arsitektur Gothik Prancis. Penambahan kubah bertulang dan penopang layang, jendela mawar raksasa yang puspawarna, gaya naturalisme, dan hiasan pahatan membuat Notre-Dame tampil berbeda dibandingkan dengan arsitektur Romanesque lama.

KEEMPAT, Katedral ini mulai dibangun tahun 1160 dan hampir rampung tahun 1260, tetapi masih terus mengalami perubahan selama beberapa abad selanjutnya.

KELIMA, pada tahun 1790-an, Notre-Dame dirusak di tengah Revolusi Prancis. Banyak karya seni keagamaan yang rusak atau hancur.

KEENAM, tidak lama setelah novel Victor Hugo, "The Hunchback of Notre Dame" terbit tahun 1831, masyarakat mulai tertarik dengan pelestarian katedral ini.

KETUJUH, proyek pemugaran besar-besaran dilakukan tahun 1845 di bawah pengawasan Eugène Viollet-le-Duc dan berlangsung selama 25 tahun.

KEDELAPAN, sejak 1963, sisi depan katedral dibersihkan dari kotoran yang sudah mengendap berabad-abad dan dikembalikan sesuai warna aslinya. Aktivitas pembersihan dan pemugaran juga dilakukan tahun 1991–2000.

KESEMBILAN, sebagai katedral Keuskupan Agung Paris, Notre-Dame merupakan kathedral yang menjadi gereja utama Keuskupan Agung Paris yang dipimpin Uskup Agung Michel Aupetit.

KESEPULUH, sekira 12 juta orang setiap tahunnya mengunjungi Notre-Dame dan tentu saja menjadi salah satu obyek wisata penting di Paris bahkan Perancis. Katedral ini tercatat sebagai monumen yang paling banyak dikunjungi di Paris.

KESEBELAS, pada tanggal 15 April 2019, katedral ini terbakar dan rusak parah. Menara utama beserta atapnya runtuh.Keuskupan Agung Paris, Presiden Perancis Emmanuel Macron dan PBB bertekad untuk merenovasi rumah ibadah sekaligus situs bersejarah tersebut.

DATA LAIN :

Lokasi :Parvis Notre-Dame – place Jean-Paul-II, Paris, Perancis

Denominasi : Katolik Roma

Situs web www.notredamedeparis.fr

Gaya : Gothik

Peletakan batu pertama : 1163

Selesai : 1345

SPESIFIKASI

1. Panjang : 128 meter (420 ft)

2. Lebar : 48 meter (157 ft)

3. Jumlah menara: 2 buah

4. Tinggi menara: 69 meter (226 ft)

5. Jumlah puncak menara : 1 (runtuh terbakar)

6. Tinggi puncak menara : 90 meter (300 ft)

7. Lonceng : 10 buah

(Dari berbagai sumber/Bos)