Nenek Penculik Anak di Bekasi Terancam Pidana 12 Tahun

Rabu, 17 April 2019 – 09:30 WIB

(foto:istimewa)

(foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Anisa Suci Ardiwibowo, balita usia tiga tahun korban penculikan di Bintara Jaya III, Bekasi Barat, Kota Bekasi, telah kembali dalam pelukan orang tuanya setelah ditemukan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019). 

Anisa ditemukan bersama Anggraeni (55), pelaku penculikan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menjelaskan, selama lima hari balita Anisa berada di tangan Anggaraeni. Korban diajak berpindah-pindah tempat mengemis di nataranya dibawa ke Stasiun Klender, Stasiun Bogor, Stasiun Kebayoran Lama, Cipati dan Stasiun Senen. 

Dari hasil penyidikan terungkap pelaku menculik korban dengan motif ekonomi. "Korban dibawa untuk mendapatkan uang dari orang-orang yang merasa iba," kata Argo, Senin (15/4/2019). 

Argo menjelaskan, selama bepergian tersangka menggunakan transportasi umum seperti angkot. Tersangka dan korban juga memanfaatkan masjid sebagai tempat beristirahat. 

Selama bepergian itu, korban diperalat untuk mengemis. Argo menyebut dalam sehari tersangka bisa mendapatkan uang Rp Rp 25 ribu selama membawa korban. 

Atas perbuatannya tersangka dikenai pasal 328 KUHP subsider pasal 330 KUHP dan pasal 76 F Jo Pasal 83 UU RI No 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Tersangka terancam dengan pidana paling lama 12 tahun. (nls)