Tapping Box Cara KPK Pantau Setoran Pajak Hotel dan Restoran

Rabu, 17 April 2019 – 11:30 WIB

(Foto:Reqnews)

(Foto:Reqnews)

JAKARTA, REQNews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat terobosan baru di bidang pencegahan. Salah satunya ikut memantau pendapatan daerah yang dihasilkan dari pajak hotel dan restoran dengan memasang alat tapping box. 

Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mengatakan, tapping box ini akan memantau pembayaran pajak yang disetorkan dari sektor hotel dan restoran kepemerintah daerah (pemda). Tapping box ini, lanjutnya, sudah dipasang di sejumlah daerah salah satunya di Kota Makassar. 

Pahala mengatakan, selama ini pemasukan daerah dari sektor ini kurang maksimal sebab seringkali ada oknum-oknum yang bermain di sektor penerimaan. Menurut dia, dari 10 persen pajak hotel dan restoran, hanya 1 persen yang masuk ke kas daerah. 

“Dari 10%, selama ini hanya 1% masuk ke daerah. Lalu 2 persen ke oknum dan 7 persen ke kantong pengusaha. Kenapa tidak 10 persen itu masuk semua ke kas? Nah, dari itu bisa digunakan tunjangan perbaikan penghasilan (TPP). Jadi, ada upah pungut. Dapatnya lebih rata dan besar,” ujar dia. 

Dengan ada sistem ini, upaya penyimpangan pendapatan dapat dicegah. Selain itu, dapat dipastikan pendapatan asli daerah (PAD) juga akan lebih meningkat. (nls)