Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Sebar Hoaks, Allan Nairn Jurnalis asal Amerika Serikat Dilaporkan ke Polisi

Rabu, 17 April 2019 – 16:00 WIB

Allan Nairn (Foto:Istimewa)

Allan Nairn (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Jurnalis independen asal Amerika Serikat, Allan Nairn, dipolisikan oleh Masyarakat Demokrasi Indonesia Anti Hoaks, Selasa (16/4/2019). 

Koordinator Masyarakat Demokrasi Indonesia Anti Hoaks, Pandaopotan Lubis melaporkan Allan dengan didampingi oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono. 

Koordinator Masyarakat Demokrasi Indonesia Anti Hoaks Pandaopotan Lubis mengatakan pihaknya membuat laporan lantaran Allan dinilai ikut campur dalam mempengaruhi iklim demokrasi di Indonesia, khususnya saat Pemilu 2019. 

"Ada seorang warga negara asing ingin masuk situasi masyarakat kita, apalagi kita sedang mengadakan pesta demokrasi," ujar Pandaopotan, Selasa (16/4/2019).

Allan sendiri dilaporkan melanggar Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Jurnalis asal Amerika Serikat itu dianggap telah menyebarkan berita bohong yang bisa mempengaruhi masyarakat dan menganggu stabilitas negara. 

Selain itu, tambah Pandaopotan, pihaknya juga melampirkan bukti tentang kebohongan Allan soal rapat di Kertanegara pada 21 Desember 2018 lalu.

Pada postingannya di media sosial Twitter, Allan Nairn membeberkan notulensi rapat pertemuan tertutup yang dilakukan beberapa orang tertentu di Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) bersama Prabowo Subianto pada 21 Desember 2018. 

Pandaopotan menyebut, pihaknya juga melampirkan sejumlah barang bukti berupa materi atau tulisan yang dibuat oleh Allan serta bukti transfer sebuah bank. (nls)