Test PCR Covid19 Bakal Ditarik Biaya

Jumat, 05 Juni 2020 – 01:01 WIB

Ilustrasi test PCR yang akan ditarik biaya

Ilustrasi test PCR yang akan ditarik biaya

JAKARTA, REQnews - Tes polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi Covid19 akan dikenakan biaya, khusus kepada mereka yang akan bepergian menggunakan pesawat terbang. Presiden Jokowi meminta tarif yang ditetapkan tidak memberatkan masyarakat dan petugas.

"Tadi Bapak Presiden juga menegaskan pentingnya standarisasi harga bagi mereka yang akan melaksanakan bepergian dan Covid19 di Jakarta, Kamis 4 Juni 2020.

Doni menyampaikan hal tersebut seusai mengikut rapat terbatas (ratas) dengan tema "Percepatan Penanganan Pandemi COVID-19" melalui video conference yang dipimpin Presiden Jokowi.

Saat ini, harga PCR test mandiri di sejumlah rumah sakit swasta bervariasi, antara Rp 1.999.000 hingga sekitar Rp 2,5 juta. Selama Pandemi Covid19 penumpang pesawat terbang wajib membawa hasil PCR test yang menunjukkan negatif Covid19.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan saat ini pemerintah mendorong pembuatan mesin PCR test dan seluruh kelengkapannya di dalam negeri.

Selain itu, Muhadjir berharap Indonesia dapat memproduksi vaksin Covid19 secara mandiri pada akhir 2020.