Nah Lho, Para Pejabat di KPK Diperiksa Berjemaah oleh Dewas

Jumat, 05 Juni 2020 – 01:20 WIB

Ilustrasi KPK

Ilustrasi KPK

JAKARTA, REQnews - Sejumlah pejabat di Komisi Pemberantasan Korupsi diperiksa oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada Kamis 4 Juni 2020. Di antaranya seperti Deputi Penindakan Karyoto dan Plt Juru Bicara Ali Fikri.

Ada juga beberapa orang dari Tim Pengaduan Masyarakat (Dumas) dan penyelidik. Mereka yang diperiksa ini terlibat dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Rektor UNJ Komarudin dan sejumlah pejabat Kemendikbud pada 20 Mei 2020 lalu terkait kasus THR.

Pemeriksaan ini disebut erat kaitannya dengan dugaan pelanggaran etik, soal pengiriman rilis OTT, yang kemudian dilaporkan oleh Koordinator MAKI, Boyamin Saiman pada Selasa 26 Mei 2020 lalu.

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris mengonfirmasi kabar pemeriksaan tersebut. Ia merasa tidak tepat jika pemanggilan itu disebut memeriksa, melainkan sebatas klarifikasi.

“Sifatnya klarifikasi atau minta keterangan, bukan diperiksa,” kata Syamsuddin, yang enggan menjelaskan lebih detail terkait pemeriksaan tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, dari pihak KPK juga belum memberikan keterangan jelas, apa saja yang menjadi pembicaraan dengan Dewas soal dugaan pelanggaran etik tersebut.