Menteri Pendidikan Dipecat Presiden! Ini Penyebabnya

Sabtu, 06 Juni 2020 – 09:32 WIB

Menteri pendidikan Madagaskar Rijasoa Andriamanana (Foto:Istimewa)

Menteri pendidikan Madagaskar Rijasoa Andriamanana (Foto:Istimewa)

ANTANANARIVO, REQNews - Menteri pendidikan Madagaskar Rijasoa Andriamanana dipecat setelah mengumumkan rencana pembelian permen senilai 2,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 30,8 miliar bagi siswa.

Dilansir dari thevaultzmag, permen-permen itu dibeli dengan tujuan menghilangkan rasa pahit dari teh herbal, bagian dari program Presiden Andry Rajoelina untuk mencegah para siswa dari infeksi virus corona.

Pekan lalu Andriamanana mengatakan telah memesan permen untuk dikombinasikan dengan minuman herbal Covid-Organics. Namun para ahli memperingatkan, teh tersebut tak terbukti mencegah Covid-19.

Rajoelina bahkan dengan percaya diri menyebut ramuan herbal itu akan mengubah sejarah, meski belum ada penelitian atau hasil validasi ilmiah bahwa Covid-Organics mujarab dalam menangkal Covid-19.

"Pembelian permen dan lolipop telah dilakukan," ujarnya, saat itu, seraya menambahkan semua siswa masing-masing akan mendapat tiga.

Program pengadaan permen senilai 2,2 juta dolar itu jelas saja membuat warga di negara Samudera Hindia itu marah karena dianggap menghambur-hamburkan uang.

Pemberitaan media massa juga mengecam program tersebut di tengah maraknya kemiskinan di Madagaskar, hingga mendorong pemecatan Andiramanana.