Miftahul Ulum Divonis 4 Tahun Penjara, KPK Ajukan Banding

Selasa, 16 Juni 2020 – 14:31 WIB

Miftahul Ulum (Foto:Twitter)

Miftahul Ulum (Foto:Twitter)

JAKARTA, REQNews - Asisten pribadi (aspri) mantan Menpora Imam Nahrawi, Miftahul Ulum divonis Hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta dengan hukuman 4 tahun penjara. Vonis tersebut jauh dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni 9 tahun penjara.

Jaksa menuntut Miftahul Ulum yaitu 9 tahun penjara ditambah denda Rp300 juta subsider 6 bulan kurungan. Miftahul Ulum dinilai aktif sebagai operator lapangan dalam kasus suap dan gratifikasi untuk Imam Nahrawi.

"Setelah berkoordinasi dengan tim JPU kami ambil sikap untuk banding," ujar JPU KPK Ronald Worotikan di pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, 15 Juni 2020.

Sementara itu, Miftahul Ulum dan tim penasihat hukum langsung menyatakan menerima vonis tersebut. Dia menilai hakim telah bersikap adil dalam menjatuhkan keputusan.

"Ketetapan yang mulia adalah ketetapan Tuhan. Saya akan mengikutinya untuk soal hukum biar penasihat hukum saya yang akan bicara," ucap Ulum yang disampaikan melalui video konferensi.

Pernyataan itu langsung diperkuat oleh pernyataan kuasa hukumnya. "Terdakwa ikhlas atas putusan yang mulia sehingga kami tidak ada upaya banding kalau tidak ada upaya hukum lain dari JPU, artinya menerima," kata pengacara.