Jokowi Marah, Refly Harun: Kabinet Pertama Lebih Baik Ketimbang Sekarang

Senin, 29 Juni 2020 – 18:32 WIB

Refly Harun (Foto:Istimewa)

Refly Harun (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Pakar hukum tata negara Refly Harun turut berkomentar terkait marah-nya Jokowi kepada para menteri. Kata Refly, kabinet Jokowi di periode kedua ini memang menunjukkan penurunan kualitasnya.

Hal ini berbeda dengan tahun 2014, periode pertama Jokowi menjabat sebagai presiden.

“Kabinet 2014, awal itu, menurut saya jauh lebih baik ketimbang yang sekarang,” kata Refly Harun dalam keterangannya di saluran Youtube-nya, Senin 29 Juni 2020.

Rafly menyoroti, bahwa menteri-menteri Jokowi yang sekarang lebih sadar kamera. "Banyak sekali talk shownya, banyak sekali siarnya. Ada yang sudah bercita-cita jadi presiden pula, ya kan," ujarnya.

Dia lalu mencontohkan sejumlah menteri yang selalu berlagak milenial kala tampil di televisi. Padahal, masyaraat tidak tahu apakah program-program kabinetnya berjalan dengan baik atau tidak.

Ada pula menteri yang seolah antikritik, di mana juru bicaranya justru ke sana ke mari ‘me-make up’ peryataan pimpinannya ketika dikritik.

“Malah kritikan bukan jadi bahan perenungan, malah jadi balas orang-orang yang mengkritik. Padahal kekuasaan tidak boleh begitu. Sebab seorang pemimpin yang baik itu harus mendengarkan kritik terlebih dahulu,” kata Refly lagi.