Viral, Cara Warga Madiun Hilangkan Kesan Angker di Makam Nguwot

Senin, 29 Juni 2020 – 16:35 WIB

Makam Nguwot Dicat Warna Warni (Foto:Istimewa)

Makam Nguwot Dicat Warna Warni (Foto:Istimewa)

MADIUN, REQNews - Yang dilakukan warga di dusun ini cukup unik, namun menuai pro-kontra dari warganet. TPU Dukuh Nguwot, Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun menjadi ramai di media sosial lantaran ratusan nisan dan makam dicat dengan aneka warna.

Pemakaman umum atau kuburan di Madiun itu dicat warna-warni demi meninggalkan kesan horor. Tak hanya itu, pagar areal makam juga berhiaskan mural bergambar bunga.

Lampion berwarna terang diletakkan di ranting-ranting pohon. Tak hanya itu batang pohon-pohon di sekitar makan juga ikut dilapisi cat berwarna. Alhasil, makam tersebut terlihat mencolok dan menyerupai Taman Bermain Kanak-Kanak.

Kejadian ini, bermula dari lomba kebersihan makam yang diadakan oleh Dinas Pertamanan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun. Lurah Desa Tawangrejo pun memutuskan untuk mengikuti lomba tersebut.

Ia kemudian mengumpulkan ketua RT dan RW di desanya untuk membahas makam mana yang akan diikutkan lomba. Setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya makam Nguwot yang terpilih.

Proses pengecatan makam sendiri memakan waktu hingga sebulan. Dengan renovasi yang dilakukan, diharapkan warga tak takut lagi untuk mengunjungi makam, termasuk anak-anak.

Kini Lurah Desa Tawangrejo mengaku akan melakukan hal yang sama pada makam-makam lain di desanya. Menurutnya, hal yang sudah baik ini patut dipertahankan.