Diomelin Jokowi, Warganet Ramai-Ramai Bela Menkes

Senin, 29 Juni 2020 – 19:02 WIB

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto (Foto:Istimewa)

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Nama Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto jadi trending topik di twitter setelah mendapat sentilan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dalam sidang kabinet pada Kamis 18 Juni 2020 lalu, Jokowi memberikan peringatan tegas kepada para menterinya untuk bekerja maksimal selama pandemi Covid-19.

Kekesalannya semakin menjadi-jadi saat memberikan contoh penyerapan anggaran yang buruk dari Kementerian Kesehatan.

Jokowi kesal karena anggaran Kementerian Kesehatan yang telah diberikan sebesar Rp75 triliun hingga kini baru dikeluarkan sebesar 1,53 persen oleh Menkes Terawan.

“Saya berikan contoh, bidang kesehatan itu dianggarkan Rp 75 triliun, baru keluar 1,53 persen coba,” kata Jokowi dengan dikutip dalam video sidang kabinet.

warganet heboh dan ikut menyoroti kinerja Terawan. Banyak warganet yang berkomentar positif menyemangati Terawan, hingga beranggapan kinerjanya sudah maksimal.

“Kalau bisa murah, kenapa harus bayar banyak, menkes dikit bicara, banyak kerja,” ujar akun @Jan

“Pak Terawan kerja tanpa uang. Lihat tuuhh,,anak buahnya se Indonesia Raya berjibaku layani pasien dng dedikasi luar biasa,masih hrs koordinir BIN-BNPB-Kemendagri. Beliau mngkin kerja ala tentara,tegas sigap tdk butuh sanjungan. Semangattt pak dokter sorodadu Terawan,” ujar akun @Brahma

“Mungkin terawan jaga2 dana biar dapat menanggulangi bencana kalau2 akan lama,” ujar @Wahyono Yusuf

“Emang gampang kelola anggaran???? Makan tuh duit,” ujar @Pikachu Jowo.


“Yang ditangani oleh Menkes bukan hanya urusan Covid-19, ada yang lain juga misalnya DBD yang baru ramai di sejumlah provinsi,” ungkap Jokowi.