Heboh Video PHK Massal Lion Air di Medsos, Ini Kata Danang Mandala

Selasa, 30 Juni 2020 – 12:01 WIB

Heboh Video PHK Massal Lion Air di Medsos, Ini Kata Danang Mandala

Heboh Video PHK Massal Lion Air di Medsos, Ini Kata Danang Mandala

JAKARTA, REQnews - Akun Instagram @lambe_turah belum lama ini memposting video situasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan maskapai Lion Air. Video yang diunggah pada Minggu 28 Juni 2020 lalu, mempertontonkan kondisi sejumlah orang yang menantikan keputusan yang dikeluarkan oleh pihak maskapai.

Tampak beberapa karyawati yang tengah menangis dalam duduknya, hingga mereka saling berpelukan bak sebuah momen perpisahan. Adegan suasana saat beberapa petugas berseragam kru penerbangan tengah berada di landasan berlatar belakang armada pesawat Lion Air.

Para kru tersebut pun tampak seraya menyampaikan isyarat salam dengan kedua tangannya. Video pun diakhiri dengan pose sejumlah petugas kru penerbangan berkumpul dalam sebuah sesi.

Dalam caption postingan tersebut, hanya tertulis keterangan yang singkat saja. “Pemutusan Hubungan Kerja sebagian karyawan maskapai penerbangan. Semoga keadaan ini segera membaik,” tulis caption tersebut.

Penyanyi dangdut Inul Daratista, @inul.d pun ikut mengomentari postingan tersebut. "Semua mengalami ini,” yang juga disertai gambar emoticon menangis.

Pihak maskapai Lion Air pun angkat bicara terkait viralnya video tersebut. "Mengenai video yang beredar tersebut, bukan pemutusan hubungan kerja (PHK)," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro via WhatsApp, Senin 29 Juni 2020.

Kata dia, apa yang dilakukan oleh maskapai berlogo singa merah itu adalah pengurangan tenaga kerja yang kontraknya sudah habis alias kontrak tidak diperpanjang. "Jadi pengurangan tenaga kerja berdasarkan masa kontrak kerja berakhir dan tidak diperpanjang," ujar Danang.

Sedangkan untuk detail kapan kejadian yang terekam dalam video tersebut, Danang belum bisa memastikan lebih rinci lagi. “Secara persis saya belum tau, Mas. masih harus dicek lagi,” kata Danang.