KPK Periksa Ketua RT Vila Milik Nurhadi di Bogor

Selasa, 30 Juni 2020 – 15:35 WIB

Gedung KPK (Foto:Reqnews)

Gedung KPK (Foto:Reqnews)

JAKARTA, REQNEws - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan dua saksi terkait kasus suap dan gratifikasi penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) pada hari ini, Selasa, 30 Juni 2020.

Kedua saksi merupakan ketua RW 03 dan ketua RT 03 Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor yang menjadi lokasi vila diduga milik tersangka Nurhadi.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan kedua saksi tersebut bernama Muhtar Sanusi dan Ayub. Muhtar dan Ayub diperiksa sebagai saksi untuk tersangka eks Sekretaris MA Nurhadi.

"Mereka berdua diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Nurhadi," kata Ali di Jakarta, Selasa, 30 Juni 2020.

Dalam jadwal pemeriksaan KPK keduanya juga disebut sebagai buruh harian lepas. KPK juga memeriksa tiga orang lain yang berprofesi sebagai tukang kebun.

Ketiganya yakni, Ahmad Wahib, Mahmud dan Rahmat. Serta satu saksi lainnya yakni seorang karyawan swasta bernama Tjandra Mindharta Gozali.

Untuk diketahui, pada 11 Maret 2020 KPK mengonfirmasi foto-foto vila mewah diduga milik Nurhadi yang dirilis oleh Masyarakat Anti Korupsi (MAKI). Vila mewah tersebut diketahui berlokasi di Gadog, Desa Sukamanah kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat dan telah digeledah oleh KPK beberapa waktu lalu.

Saat proses penggeledahan, di garasi vila tersebut ditemukan belasan motor gede (moge) dan empat mobil mewah. Luas villa tersebut diketahui 1,1 hektare atau 11.000 meter persegi.