Reshuffle Kabinet Jokowi, Rocky Gerung Jabat Menkumham

Minggu, 05 Juli 2020 – 05:02 WIB

Reshuffle Kabinet Jokowi, Rocky Gerung Jabat Menkumham

Reshuffle Kabinet Jokowi, Rocky Gerung Jabat Menkumham

JAKARTA, REQNews – Setelah video Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah-marah ke menterinya beredar luas di media sosial dan mengatakan akan reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Nama-nama menteri baru Jokowi pun beredar luas.

Sementara itu Rocky Gerung, Dosen filsafat Universitas Indonesia (UI) dalam webinar ‘Siapa Layak Diganti dan Menggantikan' mengatakan, meskipun berbagai lembaga survei mengeluarkan nama-nama dari publik, namun nama-nama tersebut akan dinilai oleh oligarki.

“Nah, itulah cermin buruk elit kita hari ini,” kata Rocky dalam webinar ‘Siapa Layak Diganti dan Menggantikan’, Sabtu, 4 Juli 2020.

Mengenai hasil survei yang memunculkan nama-nama baru, menurut Rocky hal tersebut tak akan berpengaruh kepada keputusan akhir. “Kan kita enggak pernah percaya pada hasil survei, karena nama survei itu tidak pernah dilirik oleh oligarki,” katanya.

Namun tatkala ditanya namanya masuk ke bursa survei sebagai Menteri Hukum dan HAM, Rocky mengaku siap bergabung. “Bisa, saya mau. Tapi keputusan diskresi saya yang pertama adalah membubarkan kabinet, atas nama hak asasi manusia saya membuat Perpu Pembubaran Kabinet,” katanya.

Menanggapi pernyataan Rocky, Direktur Eksekutif Chandra Politika, Yunarto Wijaya berpendapat, ketika berbicara pergantian kabinet kemudian dikaitkan dengan oligarki adalah hal yang extra ordinary.

Menurut dia, pergantian kabinet bukan karena kerasnya kegundahan publik, tetapi lebih kepada perasaan Jokowi atas kinerja para pembantunya.