Ditekan AS, Erdogan Bergeming akan Ubah Hagia Sophia jadi Masjid

Minggu, 05 Juli 2020 – 06:04 WIB

Museum Hagia Sophia (Foto:GreekReporter.com)

Museum Hagia Sophia (Foto:GreekReporter.com)

ISTAMBUL, REQNews – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, bergeming atas rencananya untuk mengubah museum Hagia Sophia yang terkenal menjadi sebuah masjid. Sebelumnya rencananya ini banyak mendapat tekanan internasional, termasuk Menteri Luar Neger AS, Mike Pompeo.

“Tuduhan terhadap negara kami atas Hagia Sophia adalah serangan langsung terhadap hak kami untuk kedaulatan,” kata Erdogan, Jumat, 3 Juli 2020.

Sementara Dewan Negara bertemu pada Kamis, 2 Juli 2020 untuk mengevaluasi rencana untuk mengubah status museum.

Dilansir Arab News, pengadilan administrasi, yang dikenal sebagai Danistay dalam bahasa Turki, akan mengumumkan keputusannya dalam waktu 15 hari.

Hagia Sophia pertama kali dibangun sebagai gereja katedral di Kekaisaran Bizantium Kristen pada abad keenam, tetapi diubah menjadi masjid setelah penaklukan oleh Khilafah Utsmaniyyah (Ottomman) atas Konstantinopel pada 1453 oleh Sultan Mohammad al Fatih. Namun kemudian diubah lagi menjadi museum di bawah pendiri republik sekularisme modern, Mustafa Kemal Ataturk.

Seruan agar masjid itu berfungsi lagi sebagai sebuah masjid menimbulkan kemarahan dunia internasional dan Kristen. Bahkan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (7/1), Mike Pompeo mendesak Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk tidak mengubah Hagia Sophia menjadi masjid. Ia mendesak akan bekas katedral Istanbul itu harus tetap terbuka untuk semua.

“Kami mendesak pemerintah Turki untuk terus mempertahankan Hagia Sophia sebagai museum, sebagai contoh komitmennya untuk menghormati tradisi agama dan beragam sejarah yang berkontribusi pada Republik Turki, dan untuk memastikannya tetap dapat diakses oleh semua orang,” kata Pompeo dikutip AFP.

Rencana ini juga menyebabkan ketegangan antara musuh-musuh bersejarah seperti Yunani, yang secara dekat memonitor warisan Bizantium di Turki. Erdogan mengungkapkan tahun lalu bahwa merupakan suatu kesalahan yang sangat besar untuk mengubah Hagia Sophia menjadi museum.