Encek Ungaria Istri Bupati Kutai Timur Dipecat dari Kursi Ketua DPC PPP

Minggu, 05 Juli 2020 – 08:35 WIB

 Encek Ungaria, (Foto:Istimewa)

Encek Ungaria, (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews -  Encek Ungaria, tersangka kasus dugaan korupsi infrastruktur di lingkungan Kabupaten Kutai Timur, diketahui menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kutai Timur.

Tersandung kasus korupsi, Encek harus kehilangan jabatannya. Wakil Sekjen DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan berdasarkan AD/ART PPP, kader yang terlibat kasus korupsi, otomatis akan dihentikan dari jabatannya.

"Kader yang terjerat kasus di KPK langsung diberhentikan dari jabatannya," kata Baidowi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 4 Juli 2020.

Adapun keputusan itu sudah tertuang dalam aturan agar Encek bisa fokus pada proses hukum sampai kepada putusan inkrah.

Meski begitu, Baidowi menuturkan bahwa Encek masih memiliki hak untuk melakukan pembelaan melihat azaz hukum yang mengedepankan praduga tak bersalah.

Baidowi juga menyebutkan tindakan yang dilakukan Encek yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD itu murni atas pribadi dan tidak melibatkan nama partai.

Seperti diketahui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan Bupati Kutai Timur Ismunandar dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar pada Kamis, 2 Juli 2020 malam. Tak hanya Bupati dalam OTT itu juga KPK mengamankan 14 orang lainnya di antaranya Encek Ungaria yang merupakan istri Bupati.