Karena Kelakuan Baik, Habib Bahar Dipindahkan ke Gunung Sindur

Sabtu, 11 Juli 2020 – 08:04 WIB

Habib Bahar bin Smith

Habib Bahar bin Smith

JAKARTA, REQnews - Habib Bahar bin Smith telah dipindahkan dari Lapas Batu Nusakambangan menuju Lapas Gunung Sindur sejak Rabu 8 Juli 2020 lalu. Menurut Koordinator Lapas se-Nusakambangan Erwedi Supriyatno, pemindahan tokoh FPI ini tak lain karena hasil penilaian perilaku yang membaik.

"Ya biasa, memang dipindahkan oleh kita karena susai hasil penilaian perilaku. Hasil asesmen dan tingkat risikonya menunjukkan sangat baik," kata Erwedi di Jakarta, Jumat 10 Juli 2020.

Dari hasil perubahan perilaku tersebut, menurut Erwedi, pihak Lapas Nusakambangan melakukan sidang Tim Pengamat Permasyarakatan (TPP) untuk diusulkan ke Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng.

Dari hasil rekomendasi sidang TPP tersebut, Habib Bahar bin Smith kemudian harus melanjutkan masa hukumannya di lapas yang dekat dengan keluarganya, yakni Gunung Sindur.

Sebelumnya, Dirjen PAS Kemenkumham telah mengonfirmasi pemindahan Bahar dari Nusakambangan. Terpidana kasus penganiayaan anak tersebut tiba di Gunung Sindur pada 9 Juli 2020 lalu, setelah diberangkatkan sejak 8 Juli.

"Iya benar, Habib Bahar sudah dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur dari Lapas Batu Nusakambangan," ujar Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham Rika Aprianti.