Begal Berseragam TNI Resahkan Bandung, Modusnya Licik Banget

Selasa, 14 Juli 2020 – 03:05 WIB

Ilustrasi begal

Ilustrasi begal

JAKARTA, REQnews - Jajaran Polresta Bandung meringkus dua orang begal berinisial YS (42) dan SY (44) yang kerap meresahkan warga, karena melakukan aksi kejahatannya dengan menggunakan seragam TNI dan dengan senjata mainan sebagai pelengkap.

Modus pembegalan kedua tersangka ini menggunakan sepeda motor dengan atribut TNI, lalu menyasar koban yang merupakan para supir truk barang. YS dan SY biasanya mengaku disenggol kendaraannya, lalu memeras supir truk angkutan niaga yang melintas.

"Modusnya adalah kendaraan yang ditunggangi oleh kedua pelaku seolah-olah tersenggol. Kemudian kedua tersangka mendatangi pengemudi dan selanjutnya memaksa untuk mengambil uang milik korban," ujar Kapolresta Bandung Kombes Hendra Kurniawan, Senin 13 Juli 2020.

Untuk menakut-nakuti, keduanya menodongkan senjata api sambil mengancam akan melepas tembakan. Korban jelas ketakutan, lalu menuruti kedua pelaku dengan menyerahkan sejumlah uang yang mereka minta.

Kombes Hendra berkata, uang perasan tersebut jumlahnya berbeda-beda, mulai dari Rp 2 juta hingga yang tertinggi yakni Rp 44 juta.

"Biasanya mereka beroperasi malam hari. Kedua tersangka dijerat pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama sembilan tahun," ujarnya.

Dandim 0624 Kabupaten Bandung Letkol INF Donny Ismuali Bainuri ikut menanggapi soal dua begal yang diamankan tersebut. Ia memastikan, kedua tersangka bukan anggota TNI, melainkan warga sipil.

Pihaknya sudah mendeteksi aksi kejahatan yang dilakukan oleh pelaku, terutama setelah Kodim 0624 berdiri. Sejumlah korban bahkan langsung melapor ke Kodim 0624 dan mengaku uangnya sudah diambil oleh orang yang mengaku personel TNI Kodim 0624.

"Itu sekitar bulan Maret atau April 2020. Oleh karena itu, kami langsung melapor ke Kapolresta dan bekerja sama untuk mengungkap kasus tersebut. Alhamdulillah pelaku bisa ditangkap," kata Letkol Donny.