Ini Bocoran 18 Lembaga Negara yang Bakal Dibubarkan Jokowi

Selasa, 14 Juli 2020 – 09:31 WIB

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

JAKARTA, REQnews - Presiden Joko Widodo rupanya tak main-main dengan ancamannya yang akan membubarkan lembaga-lembaga negara yang tak produktif dan minim kontribusi selama ini.

Bahkan, Jokowi mengaku ia sudah mengantongi 18 lembaga negara yang bakal segera dibubarkan. Namun, presiden tak merinci secara jelas lembaga apa saja yang bakal diberangus.

"Dalam waktu dekat ini ada 18," kata Jokowi di Jakarta, Senin 13 Juli 2020.

Selain soal tak produktif, pembubaran lembaga-lembaga negara tersebut dikarenakan faktor pemerintah yang ingin menekan anggaran, untuk dikembalikan ke kementerian atau direktorat, dan difungsikan sebagaimana mestinya.

"Semakin ramping organisasi ya cost-nya kan semakin bisa kita kembalikan. Anggaran, biaya. Kalo pun bisa kembalikan ke menteri kementerian, ke dirjen, direktorat, direktur, kenapa kita harus pake badan-badan itu lagi, ke komisi-komisi itu lagi," ujar presiden.

Tegas, Jokowi mengatakan ia ingin semua lembaga negara dibuat secara efisien, agar pemerintah bisa bergerak dan bekerja cepat sesuai yang sudah direncanakan.

"Bolak-balik kan saya sampaikan, negara cepat bisa mengalahkan negara yang lambat. Bukan negara gede mengalahkan negara yang kecil, enggak. Kita yakini," kata Jokowi.