Terungkap, Ini 3 dari 18 Lembaga Negara yang Siap Dibubarkan

Rabu, 15 Juli 2020 – 06:05 WIB

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

JAKARTA, REQnews - Pihak Istana akhirnya mengungkap tiga identitas lembaga negara yang bakal dibubarkan, sebagaimana rencana Presiden Joko Widodo. Ketiga lembaga tersebut adalah Komisi Nasional Lanjut Usia, BSANK, dan BRG.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berkata, pemerintah saat ini masih melakukan kajian, apakah lembaga-lembaga itu langsung dibubarkan, atau dilebur ke institusi lainnya.

"Apakah organisasi bisa diperankan sektor lain yang sangat dekat dengan tupoksi lembaga kementerian? Kalau bisa, kira-kira perlu dipertimbangkan,"kata Moeldoko di Jakarta, Selasa 14 Juli 2020.

Ia menjelaskan, untuk Komisi Nasional Lanjut Usia, perannya tak berbeda jauh dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Lagipula, Moeldoko tak yakin masyarakat pernah mendengar nama komisi ini.

Kemudian, untuk Badan Standarisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK) yang dibentuk untuk memantau pelaporan pencapaian standar nasional keolahragaan. Lembaga ini memiliki tiga struktur, dan masuk pertimbangan untuk disudahi.

Secara mengejutkan, nama Badan Restorasi Gambut (BRG) masuk dalam tiga lembaga yang bakal dibubarkan. Moeldoko mengakui, BRG sudah berperan besar menangani masalah gambut, namun tupoksinya serupa dengan BNPB.

"Nanti akan dilihat kembali posisi BRG ada di mana. BRG itu dari sisi kebakaran, gambut itu kan ancaman kebakaran ya, dari sisi itu apakah cukup ditangani BNPB," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi berencana membubarkan 18 lembaga negara sebagai upaya efisiensi anggaran.