Mega Korupsi 1MDB, Cina Dituduh Sembunyikan Buronan Polisi Malaysia

Jumat, 31 Juli 2020 – 17:30 WIB

 Low Taek Jho (Foto:Istimewa)

Low Taek Jho (Foto:Istimewa)

BEIJING, REQNews - Cina membantah tuduhan Malaysia yang menyebut berusaha menyembunyikan buronan Low Taek Jho yang tengah dicari terkait mega korupsi 1MDB. Jho Low dituduh sebagai dalang di balik penipuan yang merugikan negara hingga miliaran dolar dalam kasus 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Polisi Malaysia mengatakan buronan yang juga dikenal sebagai Jho Low berada di wilayah semi-otonom milik China, Makau.

Jho Low diyakini membawa kabur uang hasil kejahatan untuk membeli barang-barang mewah seperti kapal pesiar serta barang-barang seni lewat pasar gelap.

Kepala Polisi Malaysia, Abdul Hamid Bador, mengatakan pada Rabu, 29 Juli 2020 bahwa Low terlacak berada di sebuah kasino di Makau. Sebelumnya, dia dilaporkan berada di berbagai lokasi mulai dari Uni Emirat Arab hingga Cina.

Pernyataan tersebut ditanggapi juru bicara Kedutaan Cina untuk Malysia dengan menyebut "klaim itu tidak berdasar dan tidak dapat diterima". Beijing menegaskan tidak pernah berupaya melindungi pelaku kejahatan internasional.

"Polisi Cina telah mengikuti dan menyeidiki dengan cermat setiap petunjuk relevan yang kami terima dari kepolisian Malaysia," kata juru bicara Kedubes Cina dikutip dari AFP, Kamis 30 JUli 2020.

"Sayangnya, tidak ada individu yang relevan telah ditemukan dan pihak Malaysia telah diberitahu mengenai informasinya," lanjut pernyataan.