Catut Nama Kemensos, Makelar Bansos Corona Jadi Tersangka! Ini Pelakunya

Sabtu, 01 Agustus 2020 – 01:01 WIB

Catut Nama Kemensos, Makelar Bansos Corona Jadi Tersangka! Ini Pelakunya

Catut Nama Kemensos, Makelar Bansos Corona Jadi Tersangka! Ini Pelakunya

JAKARTA, REQnews - Entah di mana nurani pengusaha berinisial T hingga tega menjadi makelar sembako bantuan sosial (bansos) Covid-19. Parahnya, T juga mencatut nama Kementerian Sosial (Kemensos).

Akibat perbuatannya, T bakal berurusan dengan polisi. Meski sudah meminta maaf, Kemensos tetap menyerahkan T untuk diproses hukum oleh pihak kepolisian.

Sebelumnya, T mengaku-ngaku bekerjasama dengan Kemensos terkait pengadaan sembako untuk bansos kepada pengusaha lainnya berinisial R. Namun, karena barang yang diterima tidak sesuai dengan kesepakatan awal, R melaporkan T kepada pihak kepolisian.

Bahkan R sempat mengecek ke Kemensos terkait kerja sama tersebut. "Bahwa T ini tidak mewakili tapi mengaku-ngaku dia bekerjasama dengan Kementerian Sosial dapat order, pengusaha dia, R juga pengusaha," kata Sekretaris Jenderal Kemensos Hartono Laras saat konferensi pers secara virtual, Kamis 30 Juli kemarin. 

Hartono berharap dengan diusutnya kasus ini bisa menjadi pelajaran untuk masyarakat agar tidak melakukan fitnah.

"Saya kira ini menjadi efek jera kalau ada yang akan mencoba-coba untuk melakukan penyimpangan atau penyelewengan terhadap bansos ini," kata dia.

Saat ini, T sudah ditetapkan sebagai tersangka. Meski sudah menyampaikan permohonan maaf, proses hukum terhadap T tetap berjaan di pihak kepolisian.

"T sebenarnya sudah mengakui dan sudah minta maaf juga kepada Kementerian Sosial tetapi kan proses hukum ini kan urusannya pihak dari kepolisian," ujarnya.