Ingat Ya, Truk Dilarang Lintasi Tol saat Arus Balik Idul Adha

Sabtu, 01 Agustus 2020 – 09:33 WIB

Ilustrasi truk

Ilustrasi truk

JAKARTA, REQnews - Kementerian Perhubungan telah melarang mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, seperti truk, untuk tidak melintasi tol menuju Jakarta, saat arus balik Idul Adha 1441 Hijriyah.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi berkata, mobil atau truk barang sebaiknya menggunakan jalan arteri bila ingin menuju ke Jakarta.

Budi menyebut, dari laporan yang ia terima pada H-1 Idul Adha, terjadi peningkatan volume lalu lintas secara signifikan. Pada H-1 Idul Adha, Kamis 30 Juli, Jasa Marga mencatat 192.103 kendaraan keluar dari Jakarta. Sementara kendaraan masuk ke ibu kota tercatat 120.589.

"Saat ini berdasarkan laporan yang saya dapatkan cenderung ada kenaikan volume lalu lintas di jalan tol pada periode libur Idul Adha, imbauan ini untuk mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas pada beberapa ruas jalan tol dan jalan nasional," kata Budi dalam keterangannya, Jumat 31 Juli 2020.

"Dengan demikian mobil barang logistik sumbu 3 ke atas diharapkan menggunakan jalan arteri yaitu melalui Jalur Pantura Semarang-Cirebon-Indramayu-Karawang-Bekasi," ujarnya menambahkan.

Budi menegaskan, sementara ini pemerintah akan memprioritaskan penggunaan Tol Trans Jawa mulai dari Ruas Semarang hingga Jakarta untuk kendraan pribadi.