Usut Dugaan Suap Djoko Tjandra, KPK Turun Gunung

Sabtu, 01 Agustus 2020 – 10:31 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi

JAKARTA, REQnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dipastikan bakal turun gunung mengusut skandal pelarian Djoko Tjandra yang diduga ada suap di baliknya oleh oknum-oknum tertentu.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron berkata, pihaknya akan melakukan koordinasi dan supervisi bersama Polri dalam skandal Djoko Tjandra. Bila ditemui adanya dugaan suap, maka akan langsung ditelisik.

"Kami terus berkoordinasi dan mensupervisi penanganan pelarian DT (Djoko Tjandra) oleh Polri. Sejauh ini Polri sangat terbuka dan mempersilakan KPK untuk terus berkoordinasi," kata Ghufron di Jakarta, Jumat 31 Juli 2020.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis menegaskan, pihaknya bersama penegak hukum lainnya akan mengusut tuntas segala hal terkait pelarian Djoko Tjandra.

"Proses untuk Djoko Tjandra sendiri, tentunya ada proses di Kejaksaan yang tentunya akan ditindaklanjuti. Kami juga akan berkoordinasi dengan KPK," ujar Idham dalam keterangannya, Jumat.

Idham juga memastikan, Polri akan bekerja secara transparan dana mengawal proses hukum Djoko Tjandra. Kapolri siap menjerat siapa saja yang terlibat dalam kasus ini.

"Sekali lagi ini bentuk komitmen kami. Kami akan transparan, objektif, untuk usut tuntas apa yang terjadi," kata Idham.