Jangan Hanya Djoko Tjandra, Tangkap Juga Buronan Koruptor yang Lain

Minggu, 02 Agustus 2020 – 03:00 WIB

Djoko Sugiarto Tjandra, terpidana kasus pengalihan hak tagih Bank Bali

Djoko Sugiarto Tjandra, terpidana kasus pengalihan hak tagih Bank Bali

JAKARTA, REQnews - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai, upaya Polri menangkap buronan Djoko Tjandra sebagai momentum untuk dimulainya penangkapan buronan lainnya yang hingga kini belum tertangkap.

Komisioner Kompolnas Andrea H Poeloengan, menyebut Polri selama ini sudah optimal berupaya untuk menangkap para buronan. Namun menurutnya ketercukupan informasi dan yurisdiksi yang menjadi kendala Polri menangkap para buronan.

Kendati demikian, Andrea mengatakan penangkapan Djoko Tjandra ini bisa menjadi momentum untuk penangkapan buronan lainnya. Dia berharap Polri bisa menjadi pelopor untuk memulai penangkapan para buronan ini.

"Saya pikir Polri juga sudah bekerja Optimal, ketercukupan informasi dan yurisdiksi menjadi kendala bagi Polri," katanya, Jumat, 31 Juli 2020.

Seperti diketahui terpidana kasus korupsi hak tagih Bank Bali Djoko Tjandra ditangkap di Malaysia. Buron negara itu diterbangkan ke Indonesia dan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis malam, 30 Juli 2020. Penangkapan Djoko Tjandra buah kerja sama Polri dengan Polis Diraja Malaysia (PDM).