Masih 17 Tahun, Remaja Ini Ditangkap karena Retas Akun Bill Gates

Sabtu, 01 Agustus 2020 – 21:32 WIB

Media Sosial Twitter (Foto:Istimewa)

Media Sosial Twitter (Foto:Istimewa)

AMERIKA SERIKAT, REQNews - FBI, IRS, US Secret Service, dan kepolisian Florida membekuk seorang peretas Twitter yang merupakan remaja berusia 17 tahun asal Tampa, Florida Remaja bernama Graham Clark itu disebut sebagai dalang peretasan akun Twitter Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos, dan nama besar lainnya.

“Saya ucapkan selamat kepada mitra penegak hukum federal. Kantor Pengacara AS untuk Distrik Utara California, FBI, IRS, dan US Secret Service, serta Departemen Penegakan Hukum Florida," kata Jaksa Andrew Warren, sebagaimana dilansir Ubergizmo, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Warren mengapresiasi kontribusi mereka karena bekerja dengan cepat untuk menyelidiki dan mengidentifikasi pelaku penipuan yang canggih dan ekstensif tersebut.

Twitter sendiri mengklaim meskipun akun-akun tersebut telah diambil alih, tidak ada password yang bocor. Padahal kotak masuk dari sekitar 36 akun telah diakses selama serangan

Dalam melakukan aksinya, Clark tidak sendirian. Dua tersangka lainnya juga diringkus, yaitu Nima Fazeli (22) dari Orlando, Florida dan Mason Sheppard (19) dari Bognor Regis, Inggris.

Diwartakan The Verge, Sheppard dan Fazeli teridentifikasi pihak berwenang karena keduanya menggunakan SIM pribadi untuk memverifikasi identitasnya di layanan cryptocurrency exchange Binance dan Coinbase.

Sementara Clark disebut-sebut mengelabui pegawai Twitter dengan mengaku bekerja di departemen IT perusahaan untuk mendapatkan kredensial guna menembus portal layanan pelanggan.

Beberapa minggu lalu, sempat ramai kabar mengenai akun-akun Twitter milik figur publik yang diretas. Akun-akun tersebut kemudian mencuit tentang Bitcoin.

N