Takbir, PM Israel Benyamin Netanyahu di Ambang Kejatuhan

Minggu, 02 Agustus 2020 – 12:33 WIB

Presiden AS Donald Trump dan PM Israel Benyamin Netanyahu

Presiden AS Donald Trump dan PM Israel Benyamin Netanyahu

JAKARTA, REQnews - Akibat skandal korupsi yang menjeratnya, Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu kini di ambang pencopotan. Ribuan warga Negara Zionis melakukan demonstrasi besar-besaran menuntut Netanyahu untuk segera mundur.

Sejumlah jalan di Ibu Kota Tel Aviv dan Yerusalem penuh dengan massa yang tumpah ruah sejak Sabtu 1 Agustus 2020 malam. Mereka menuntut penegakan hukum terhadap sang perdana menteri.

Netanyahu terjerat skandal korupsi dalam tiga kasus berbeda. Ia dituduh melakukan serangkaian korupsi itu demi melanggengkan kepemimpinannya.

Mengutip AFP, Minggu 2 Agustus 2020, kasus korupsi ini mencuat ke publik pada 2018 lalu. Namun, Netanyahu baru menjalani persidangan skandal tersebut sejak 24 Mei silam di Pengadilan Yeruslamem.

Tak hanya soal koruposi, warga Israel juga gerah dengan cara Netanyahu menangani pandemi Covid-19. Ia dianggap telah gagal total, karena kasus yang terus melonjak tajam.

Demonstrasi utama berlangsung di depan kediaman dinas Netanyahu di Yerusalem. Para pedemo membawa slogan dan poster bertuliskan 'Netanyahu Gagal' dan 'Netanyahu Mundur'.

Sementara itu, di Tel Aviv, ratusan pengunjuk rasa memprotes Netanyahu akibat tingkat pengangguran yang tinggi. Mereka menyatakan kekecewaan terhadap pemerintahan Netanyahu yang dianggap gagal membantu para warga yang terdampak PHK akibat pandemi corona.