Senin, Anji Bakal Digarap Polisi Terkait Klaim Obat Covid-19 Hadi Pranoto

Sabtu, 08 Agustus 2020 – 03:02 WIB

Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji

Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji

JAKARTA, REQnews - Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji, diminta hadir di Polda Metro Jaya pada Senin, 10 Agustus 2020.

Dia dipanggil untuk dimintai keterangan terkait dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks yang disampaikan oleh Hadi Pranoto terkait klaim obat Covid-19.

Saat itu, Anji adalah pewawancara. Dia juga yang mengunggah rekaman video hasil wawancara di chanel Youtube dunia manji.

"Hari ini kami layangkan surat panggilan untuk saudara pemilik dari akun duniamanji, atau inisial A (Anji). Rencananya kita akan memanggil untuk datang pada hari Senin," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Jumat, 7 Agustus 2020.

Yusri menerangkan, pertimbangan memanggil Anji terlebih dahulu ketimbang Hadi Pranoto. "Yang terlapor di sini kan adanya penyebaran, dari akun Youtube duniamanji yang berisi wawancara yang bersangkutan terhadap HP (Hadi Pranoto). Makanya kita akan memanggil dulu di sini pemilik akun daripada duniamanji," ujar dia.

Yusri menerangkan, Hadi Pranoto juga akan dimintai keterangan sebagai saksi. Tetapi setelah pemeriksaan terhadap Anji rampung.

"Nanti kita akan menjadwalkan pemilik akun youtube duniamanji dulu ya, rencananya hari Senin. Mudah-mudahan secepatnya setelah itu akan kita panggil lagi HP (Hadi Pranoto)," ucap dia.

Penyelidikan dugaan hoaks penemuan obat Covid-19 ini dilakukan setelah polisi menerima laporan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid.